Mungkin kamu sering dengar bermacam-macam istilah speaker untuk mendengarkan musik, contohnya headset, headphone, earphone, dan backphone. Bedanya apa sih? Nah mari disimak.

Kalau untuk saya sendiri, saya mulai dengan Headset. Headset berarti ‘perlengkapan kepala’, dalam hal ini adalah perlengkapan untuk mendengarkan musik. Nah saya membagi headset menjadi 3 tipe yaitu: (dari wikipedia, yang namanya headset itu headphone yang dilengkapi dengan microphone, thanks to varisphere atas tambahannya di komen :D )

Headphone: sesuai namanya, ada kata ‘head’ yang berarti kepala, ini adalah tipe yang penggunaannya dipasang di kepala seperti bando. Biasanya memiliki diameter speaker yang besar dan paling nyaman digunakan. Cocok untuk digunakan saat santai di rumah untuk bermain game serta mendengarkan musik dari laptop atau PC, tidak efisien untuk dibawa bepergian. Namun harganya biasanya relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan speaker lain dengan kualitas suara yang sama.

Headphone

Backphone: sesuai namanya lagi, ada kata ‘back’ yang berarti belakang, ini adalah tipe yang penggunaannya dipasang ke bagian belakang kepala dan bagian speakernya dikaitkan ke telinga sehingga tidak jatuh. Rata-rata memiliki diameter speaker tengah-tengah, di bawah headphone di atas earphone. Biasanya tipe seperti ini dicari karena modelnya yang stylish dan tidak besar sehingga relatif mudah untuk dibawa bepergian. Istilah backphone mungkin jarang terdengar dan sebagian orang menyebut tipe ini sebagai headphone atau earphone karena memang mirip keduanya juga. Ya suka-suka aja :D

Backphone

Earphone: lagi-lagi sesuai namanya, ada kata ‘ear’ yang berarti telinga, ini adalah tipe yang speakernya langsung dipasang masuk ke telinga. Ukuran speakernya kecil dan sangat mudah untuk dibawa bepergian. Tipe seperti ini biasanya lebih murah dibanding backphone dan headphone.
Earphone secara umum terbagi menjadi 2, yaitu earbuds dan IEM (In Ear Monitoring). Earbuds merupakan tipe yang paling umum digunakan yang langsung ditempel di bagian luar telinga. Sedangkan IEM adalah tipe yang moncongnya biasanya bulat dan dimasukkan ke dalam telinga sedikit lebih dalam. Untuk mengetahui lebih dalam perbedaan dan untung ruginya akan saya terangkan di postingan lain lagi :D

EarbudsIEM

Oh iya kalau masalah harga sangat-sangat bervariasi ya, tergantung merk dan fitur masing-masing barang. Jadi tidak selalu earphone lebih murah dari headphone. Itu hanya rata-rata saja dan dibandingkan dengan kondisi kualitas suaranya sama.

Jadi kalau kamu ingin membeli sebuah headset, pikir-pikir dulu seperti apa jenisnya dan lebih baik cari review orang-orang dulu dari teman-teman kamu atau dari internet. Soalnya nyatanya banyak yang harganya murah tapi kualitas lebih bagus daripada yang harganya lebih mahal.

Kalau untuk merk yang lumayan terkenal adalah Sennheiser (yang ini juga terkenal mahalnya namun kualitas sangat bagus ^_^ ) , Philips, Mix, Ipod, Samsung, Creative, dll.

Semoga bermanfaat! :D