[Postingan ini telah diupdate pada : 20 Februari 2011)

Mungkin sebagian besar dari kita udah pernah denger atau udah tau tentang Omegle. Bagi yang belum tau, mungkin bisa dicoba untuk mengisi waktu (ato membuang waktu :P )

Nah jadi Omegle adalah sebuah situs yang memungkinkan kita untuk berbicara (chatting) dengan orang asing yang ada di seluruh dunia. Orang-orang yang berada di berbagai belahan dunia yang sedang membuka situs Omegle akan disambungkan secara random dengan orang yang lain. Jangan lupa gunakan bahasa inggris agar bisa saling mengerti. Di satu waktu yang bersamaan, jumlah orang yang online di Omegle bisa ribuan loh.

Nah, yang perlu diperhatikan adalah banyak sekali orang iseng di Omegle yang masuk hanya untuk mengganggu orang lain (mungkin termasuk kamu, …atau saya kadang-kadang :P ) Info jati diri pun pasti banyak yang menipu. Jadi kalau chatting di sana ya enjoy aja sama orang-orang seperti itu :D Tapi tetep ada ko orang-orang baik yang ingin mencari teman lewat Omegle. Jadi terserah kamu mau jadi orang baik ataupun orang jail.

Bagi yang belum berpengalaman dalam chatting mungkin akan kebingungan bila si stranger mengatakan asl. asl = age sex location, maksudnya dia bertanya apa jenis kelaminmu, berapa umurmu, dan berada di mana kamu. Untuk menjawabnya (kalau kamu mau jawab) tulis saja, misalnya m 20 indonesia maksudnya berarti saya adalah m (male) berumur 20 tahun dan berada di indonesia. Perlu diperhatikan, sering kali setiap kita menjawabnya, orang asing yang kita ajak bicara langsung disconnect, mungkin dia hanya ingin berbicara dengan perempuan atau pengen ngobrol dengan yang muda-muda atau tidak suka dengan indonesia, dll. Kalau sering ngalamain kaya gitu santai aja, itu sangat biasa terjadi :D

Nah untuk memulainya sangat mudah, masuk aja ke alamat omegle.com, lalu klik tombol Text atau Video uda deh, kamu akan langsung dihubungkan dengan seseorang entah siapa dan entah di mana :D Text maksudnya kamu akan berbicara dengan orang asing hanya dengan melalui tulisan (chatting biasa). Kalau Video, kamu akan dapat melihat orangnya secara langsung dan dia juga dapat melihat kita, jadi dengan video kita dapat berbicara melaui teks ataupun berbicara langsung. Untuk menggunakan video ini, kamu harus punya webcam atau jika di laptop kamu sudah ada webcam, itu juga bisa dipakai. Tapi siap-siap aja, bakal ada beberapa pemandangan yang tidak mengenakkan  :sick:

Yang menarik adalah kita bisa mendapatkan teman orang asing. Bila orang asing itu enak diajak ngobrol, coba aja untuk minta messenger id-nya, bisa msn atau yahoo. Dan mungkin kita bisa berbicara dengannya tiap hari lewat messenger. Saya sendiri sudah banyak teman yang saya dapatkan, namun yang tersisa sekarang sangat sedikit xD Saya sekarang masih berteman dengan 1 orang dari Korea (kita saling kirim e-mail tiap minggu, sedikit primitif tapi menarik :) ) dan 1 orang dari China (sampe tukeran no. handphone :D ), dua-duanya cewek :whistle:  dan udah cukup lama kita berteman, lebih dari 6 bulan. Kita udah tukeran foto, jadi udah saling tau tampang masing-masing. Tapi tetap ada kemungkinan kalau fotonya palsu sih, tapi yah ngga apa-apalah, enjoy aja :D

Yup, pokoknya seperti itu, bagi yang tertarik (dan kalau ngga ada kerjaan) silakan dicoba! :D

Sedikit rangkuman penjelasan dan tips untuk pemula dalam Omegle:

- Berbicaralah dalam bahasa Inggris karena merupakan bahasa internasional yang sebagian besar orang mengerti. Jangan takut kalau bahasa Inggris kamu berantakan. Selain ini bisa menjadi ajang untuk kamu berlatih bahasa Inggris, orang-orang barat pada umumnya mengerti apa yang kamu maksud, walaupun grammar dan tenses kamu hancur :D  Dan nyatanya orang-orang di luar sana juga sebagian ngga lancar bahasa Inggrisnya :D

- asl = age sex location, itu artinya menanyakan berapa umur kamu, apa jenis kelamin kamu, dan berada di mana kamu. Contoh jawaban: m 19 US – artinya si penjawab adalah m (male / laki-laki) berumur 19 tahun dan berada di United States (Amerika). m = male (laki-laki), f = female (perempuan). Perlu diperhatikan juga, seringkali orang-orang berbohong, jadi ngga usah terlalu dipercaya juga ya :)

- Lebih baik menggunakan fasilitas Text. Kalau video siap-siap aja bakal sering diputus hanya dalam beberapa detik. Orang-orang sebagian besar hanya melihat fisik, kalau mereka tidak suka biasanya langsung diputus.

- Pengguna Omegle lebih banyak laki-laki, jadi bagi yang ingin menemui perempuan sabar aja ya, rada lama nyarinya kalaupun ketemu hati-hati bisa jadi dia wanita jadi-jadian  :whistle:

- Akan sering muncul kata-kata kasar dan jorok. Tidak disarankan untuk anak kecil mencoba Omegle, karena bisa merusak moralnya. Orang tua sebaiknya menjaga anak-anaknya dari hal-hal seperti ini.


Alasan kenapa orang-orang seringkali disconnect saat kita menjawab asl:

- Biasanya orang-orang lebih senang berbicara dengan lawan jenis. Dan karena lebih banyak laki-laki, siap-siap aja kalau kita jawab ‘m’ (male) akan sering diputus xD

- Umur kita terlalu muda / tua. Rata-rata umur pengguna Omegle paling banyak berkisar dari 15-20 tahun.

- Negara asal. Sedih untuk mengatakannya, tapi ini kenyataan bahwa bila kita menjawab Indonesia seringkali langsung diputus. Kenapa? Karena mereka menganggap negara kita tidak terkenal, miskin, orang-orangnya tidak rupawan, dll :o . Tidak hanya negara kita saja, negara lain seperti India juga bernasib sama. Sabar aja ya, masih banyak ko yang mau ngobrol sama kita :)

Tweet and Like!