Dalam memilih jasa hostingan, ada baiknya bila kita tidak memilih secara sembarangan. Karena kalau kita salah memilih, uang kita atau mungkin hasil jerih payah kita untuk membuat situs kita menjadi yang terbaik pun dapat pupus di tengah jalan ;-(
Nah, berikut ini adalah tips-tips yang dapat saya berikan dalam memilih jasa hostingan, silakan disimak!

1. Pilihlah hostingan yang berbayar
Khusus untuk kamu yang serius ingin membuat sebuah situs atau blog yang akan digunakan untuk hal-hal yang penting, saya sarankan lebih baik gunakan hostingan yang berbayar karena fasilitas yang kita dapat dari hosting berbayar akan lebih lengkap dan pelayanannya pun akan lebih baik (bila kamu memilih jasa hostingan yang tepat)

2. Pilihlah situs yang terpercaya
Ada sangat banyak sekali situs yang menawarkan jasa hostingan kepada kita. Tapi jangan salah, di antara sekian banyak penjual jasa tersebut, ada sangat banyak yang pelayanannya kurang atau tidak memuaskan. Misalnya, baru beberapa minggu atau beberapa bulan kita sewa, tiba-tiba hostingannya putus sehingga situs kita tidak dapat diakses. Selain itu si penjual jasanya sangat sulit dihubungi dan tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan tersebut sehingga ujung-ujungnya situs kita hilang dan uang kita pun melayang percuma. Untuk mencegah hal tersebut, kita harus meneliti dahulu di mana kita dapat menyewa hostingan yang dapat dipercaya.

3. Jangan termakan rayuan dengan harga yang murah
Saya pernah menemukan penjual jasa hostingan yang harganya sangat murah sampai saya sempat berpikir dalam hati “Oke, saya akan menyewa di sini”. Untung sebelum saya benar-benar membulatkan hati untuk menyewa di situs itu, saya mengecek pendapat orang-orang dengan cara search di google. Saya menemukan banyak keluhan dari para pengguna jasanya yang berakhir dengan penyesalan. Itu tidak hanya terjadi pada satu situs. Banyak harga hostingan yang murah namun pelayanannya parah.

4. Pilihlah paket yang sesuai dengan kebutuhan
Bila kita baru memulai untuk membuat blog, kita tidak perlu menyewa hostingan dengan space yang terlalu besar yang perlu bayar mahal. Pilihlah hostingan yang cukup-cukup saja. Misalkan seperti saya yang masih pemula dan baru pertama kali membuat blog berbayar, saya tidak perlu menyewa hostingan yang spacenya sampai 1GB kan. Yang saya beli hanya 100 MB (dan itupun masih baru terpakai 20 MB lebih sedikit :P ).

5. Pilihlah lokasi server sesuai target pengunjung
Dalam menyewa hostingan, kita dapat memilih antara Web Hosting IIX, USA, atau SG (tidak semua penjual jasa hostingan memiliki ketiga hal ini). Web Hosting IIX (Indonesia Internet Exchange) lebih cocok digunakan untuk website yang sasaran pengunjungnya adalah orang Indonesia. Hal ini dikarenakan dalam Web Hosting IIX, komputer server yang digunakan ada di Indonesia sehingga website tersebut akan lebih cepat diakses dari dalam Indonesia. Web Hosting SG memiliki server di Singapura, lebih cocok digunakan untuk pengunjung yang berasal dari Asia Tenggara dan Australia. Web Hosting USA akan lebih cocok digunakan untuk website yang sasaran pengunjungnya adalah seluruh dunia karena komputer servernya berada di Amerika. Jadi jika memang diminta untuk memilih, pilihlah sesuai kebutuhan.

Sip, itulah tips-tips yang dapat saya berikan, kalau ada yang ngga setuju, ada tambahan tips, atau yang lainnya, silakan memberi komentar di bawah ya! Mari kita saling berbagi ilmu :D