Dalam memberi nama domain alangkah baiknya bila dipikirkan masak-masak terlebih dahulu. Kesalahan memberi nama domain dapat memberikan penyesalan di masa depan layaknya memberi nama seorang bayi :D

Nah, ini adalah beberapa tips pemberian nama domain yang baik:

1. Utamakan memilih domain dengan TLD .com
.com adalah yang paling populer di dunia sehingga menjadi pilihan yang paling utama. Tapi kalau udah diambil orang lain, kamu bisa memilih .net atau .org sebagai alternatif. Tiga TLD yang telah disebutkan tadi merupakan yang paling populer digunakan, namun tetap .com yang paling utama. Harga ketiga TLD itu pun rata-rata sama aja.

2. Pilihlah nama yang  mewakili tema situs kita, nama perusahaan, atau produk
Seperti blog saya ini trik-online.com. Nama domainnya masih berhubungan dengan isinya, yaitu trik di dunia online atau internet. Yah, setidaknya masih ada hubungannya :P Jangan sampai nama domainnya dunia-anak.com tapi isinya mengenai politik, kan jadi aneh.. Bisa juga menggunakan nama perusahaan kamu, misalnya perusahaanmu PT. Madjoe Moendower, kamu bisa menggunakan domain majdoemondower.com. Atau kamu punya produk Sabun Colok, gunakan sabuncolok.com. :D Yah, intinya seperti itu.

3. Hindari penggunaan nama kamu sendiri (kecuali kalau namamu terkenal)
Coba aja bayangin, kalau nama saya dijadikan domain, jadinya senotertiyantono.com, pasti sangat sedikit yang tahu dan mencari kata itu melalui search engine -_-‘ Tapi kalau nama kamu terkenal boleh-boleh aja sih. Misalkan michaeljackson.com, mungkin masih banyak yang mencarinya. Tapi saran saya sih, utamakan menggunakan nama domain yang mewakili tema situs kita.

4. Beri nama yang mudah dibaca, diingat, dan diucapkan
Kadang-kadang kita harus memberitahu nama domain kita ke orang lain melalui ucapan atau verbal. Kalau nama domain kita berisi kata yang ambigu akan susah dibaca, diingat, dan didengar sehingga bisa-bisa orang enggan masuk karena malas menulis alamatnya atau sebenarnya ingin masuk tapi lupa nama domainnya :D

5. Jangan terlalu panjang
Usahakan maksimal 3 kata. Jika terpaksa lebih, kita bisa menggunakan singkatan. Namun, dalam menggunakan singkatan juga harus hati-hati karena biasanya singkatan susah diucapkan dan diingat.

6. Gunakan tanda hubung ( – )
Kita bisa menggunakan tanda hubung dalam penamaan domain kita. Jadi kalau kamu ingin memberi nama domain iloveu.com, tapi ternyata sudah terpakai orang lain, maka i-love-u.com bisa menjadi alternatif yang baik.

7. Gunakan kata yang bersinonim
Kita pakai contoh yang tadi, misalkan iloveu.com dan i-love-u.com sudah terpakai, kita bisa menggunakan sinonimnya, misalnya iloveyou.com atau i-love-you.com.

Yup, itulah tips pemberian nama domain dari saya. Kalau dari para pembaca ada yang tidak setuju atau ada yang punya tips lain, di-share aja di komentar ya, kita diskusiin bareng-bareng :)

Di postingan selanjutnya saya akan menjelaskan apa itu hosting. Jadi jangan sampai ngga baca ya :D