Android 3D LogoAndroid saat ini adalah sistem operasi yang sedang booming di dunia karena menawarkan fitur, fungsi, dan tampilan yang menarik. Namun di samping itu, banyak fitur yang ada pada Android membutuhkan daya yang besar sehingga dapat menyebabkan baterainya menjadi cepat habis. Karena itulah para pengguna Android harus cerdas dalam mengelola pemakaian baterai mereka.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk dapat mempertahankan baterai pada Android sehingga tidak cepat habis. Tips-tips ini dapat kamu pakai semuanya langsung atau hanya beberapa saja sesuai dengan keinginan :)

1. Cari tahu apa yang paling banyak menyedot bateraimu.

Settings > About phone > Battery use

Android-mu akan memperlihatkan persentase penggunaan baterai. Biasanya yang paling banyak menggunakan baterai adalah display atau tampilan.

2. Kurangi brightness layar

Settings > Sound & Display > Brightness

Sebagian besar orang tetap dapat melihat dengan jelas walaupun dengan mengatur Brightness ke level paling rendah. Bila di level paling rendah kamu agak kesusahan untuk melihat, coba naikkan sedikit seperlunya saja. Makin terang, makin besar penggunaan baterai.

3. Set waktu untuk screen timeout

Settings > Sound & Display > Screen timeout

Kamu dapat mengatur butuh berapa lama handphone kamu didiamkan hingga layarnya akan mati sendiri. Makin pendek waktu yang dibutuhkan makin hemat penggunaan baterai. Opsi pengaturan ini berbeda-beda setiap tipe handphone.

4. Matikan fitur getar (vibration)

Settings > Sound & Display > Phone Vibrate

Fitur getar ini juga memakan sedikit baterai setiap kali aktif. Tidak terlalu berpengaruh tapi silakan dimatikan jika mau :)

5. Matikan Bluetooth saat tidak digunakan

Settings > Wireless Controls > Bluetooth

Bluetooth yang aktif akan menggunakan tenaga baterai walaupun tidak sedang digunakan.

6. Matikan fitur wireless bila tidak digunakan

Settings > Wireless Controls > WiFi

Wireless yang aktif tetap dapat menyedot baterai walaupun tidak sedang digunakan.

7. Hanya gunakan network 2G

Settings > Wireless Controls > Mobile Networks > Use only 2G networks

Jika kamu tidak sedang membutuhkan akses yang cepat atau daerahmu sekarang tidak terjangkau jaringan 3G, gunakan fitur ini. Kamu tetap mendapat akses EDGE dan kamu juga tetap bisa menggunakan WiFi.

8. Matikan GPS

Settings > Security & Location > Enable GPS Satellites

Bila GPS pada handphone Android-mu aktif, fitur ini akan terus bekerja di belakang layar. Matikan fitur ini bila kamu sedang tidak bernavigasi.

9. Gunakan widget Power Control

Home Screen > Menu > Add > Widgets > Power Control

Untuk Android 1.6, ada sebuah widget yang dapat dipasang di home screen kamu sehingga kamu dapat mengatur Bluetooth, WiFi, Push sync, dan Brightness dengan cepat. Gunakan widget ini untuk mematikan semua seperti yang telah disebutkan di atas.

10. Kalau Androidmu punya AMOLED screen, gunakan background hitam

AMOLED screen dapat mengurangi penggunaan baterai hingga 7x dengan menggunakan warna hitam dibandingkan dengan warna lain. Saat searching dengan menggunakan handphone, kamu juga dapat menggunakan Black Google Mobile di alamat bGoog.com. Hasilnya sama seperti Google hanya saja halamannya berwarna hitam.

11. Tutup semua aplikasi yang tidak digunakan

Aplikasi yang aktif tetap dapat menyedot baterai walaupun tidak sedang digunakan.

12. Install aplikasi pengatur power

Ada beberapa aplikasi yang ada pada Android Market yang dapat mengatur penggunaan power Android. Sebagian besar aplikasi mengontrol penggunaan sistem yang menghabiskan baterai seperti tampilan, radio, data, dan GPS. Untuk melihat-lihat coba search “power manager” pada Android Market.

13. Aktifkan mode standby saat tidak digunakan

Cukup tekan tombol “End call” dan tampilannya akan menjadi gelap. Tekan lagi untuk mengembalikannya.

14. Aktifkan “Airplane Mode” saat kamu sedang bepergian dengan pesawat terbang

Tekan dan tahan tombol “End call” hingga muncul sebuah menu. Pilih Airplane Mode untuk mematikan pemancar handphone.

15. Saat bepergian bawalah charger dan kabel USB

Banyak tempat yang menyediakan fasilitas charging gratis atau stopkontak kosong, tapi sebagian mungkin hanya menyediakan USB port.