Update 8 Desember 2011: Akun AdSense saya dibanned!

Saya ngga tahu apakah alasan akun Adsense saya ditutup adalah karena cara ini atau bukan, alasannya ngga jelas, tapi curiganya sih ‘dibunuh’ sama orang lain, argh sedih banget, walaupun isinya baru $25-an tapi tetep aja menyakitkan -_-

Jadi buat yang menggunakan cara ini, use at your own risk ya :)

Dalam peraturan Google Adsense memang dinyatakan bahwa tidak diizinkan untuk memasang iklan Adsense di halaman yang bahasa utamanya merupakan bahasa yang tidak di-support oleh Adsense (Bahasa Indonesia belum supported).  Dan memang bila kita menaruh iklan Adsense di blog berbahasa Indonesia, seringkali yang keluar hanyalah iklan layanan masyarakat (unpaid ads / iklan gratisan). Nah, ternyata ada trik yang orang-orang bilang legal untuk dilakukan sehingga tidak perlu takut untuk di-banned. Ini mungkin memang cara yang sudah lama dan sudah banyak digunakan orang-orang, tapi saya yakin di luar sana ada orang-orang yang belum tahu, jadi tidak ada salahnya saya share di sini kan? :)

Perlu diketahui sebelumnya, cara ini hanya untuk orang-orang yang telah memiliki akun Adsense. Bagi yang belum, harap membuatnya terlebih dahulu, bagaimana caranya saya tidak akan membahasnya di sini karena terlalu panjang dan banyak syaratnya (kecuali pakai jasa orang lain).

Silakan ikuti tahap-tahap berikut ini.

1. Kamu harus mempunyai unit ads terlebih dahulu. Silakan buat unit iklan di dalam akun Adsense kamu. Sedikit tips saja, buatlah format iklan dengan warna yang serasi dengan blog kamu supaya iklannya terlihat lebih natural.

2. Masuklah ke http://www.google.com/friendconnect

3. Masukkan nama situs, URL situs, pilih Bahasa Indonesia, dan klik Lanjutkan.

Friendconnect

4. Klik menu AdSense yang ada di sebelah kiri.

Adsense menu

5. Di Tahap 1, klik tombol asosiasikan akun. Di Tahap 2, pilih unit iklan yang sudah dibuat sebelumnya, dan di Tahap 3 klik tombol Buat kode.

Buat kode

6. Silakan copy kode yang muncul dan paste-kan di situs / blog kamu. Selesai!

Semoga berhasil! :D