Trik Online mengucapkan selamat Idul Adha bagi semua umat muslim di seluruh dunia!

Gimana, pada ngurbanin apa nih? Domba, sapi, atau unta? :D Semoga bagi kita semua yang mampu, hari ini tadi telah melaksanakan qurban sesuai perintah agama. Dan bagi kita yang belum mampu untuk berqurban jangan berkecil hati, teruslah berdoa dan berusaha agar tahun depan kita akan mampu untuk melaksanakan qurban :)

Seperti biasa, setiap pagi Idul Adha kita selalu mengikuti shalat Id dan kita juga selalu mendengarkan ceramahnya kan. Nah, di posting ini saya ingin men-share poin-poin penting dari ceramah yang saya dengarkan pagi ini.

  • Jangan pernah terlintas di benak kita bahwa kita berqurban untuk memberikan sesajen kepada Allah. Darah dan daging hewan qurban tidak akan sampai kepada Allah dan memang Allah tidak membutuhkan itu semua. Yang sampai kepada Allah adalah ketaqwaan kita sebagai pelaku qurban. Sedangkan daging hewan qurban akan dinikmati oleh orang-orang yang membutuhkan.
  • Tidak salah bagi pelaku qurban untuk meminta sebagian daging hasil qurbannya untuk dimakan sendiri, tapi alangkah lebih baik bila merelakan seluruhnya untuk diberikan kepada yang lebih membutuhkan. Di sinilah kita semua diuji sejauh mana keihklasan kita dalam menyumbangkan harta kita.
  • Ibadah dalam setiap agama seringkali tidak masuk akal. Kenapa kita harus shalat Subuh 2 rakaat, kenapa kita harus berqurban, dll. Itu semua adalah untuk menguji keimanan kita. Sejauh mana kita beriman kepada pencipta kita.
  • Ciri orang munafik adalah menyesal di akhir. Selama hidup di dunia tidak pernah beribadah, saat meninggal mereka akan memohon untuk diberikan waktu lagi untuk beribadah, namun semua sudah terlambat. Lebih baik kita menyesal sekarang daripada menyesal menjelang ajal nanti.
  • Berperilakulah seperti keluarga Nabi Ibrahim yang selalu berserah diri pada Allah dan ikhlas untuk melaksanakan segala perintah Allah walaupun berat.
  • Apakah kita bertakbir hanya pada malam sebelum lebaran dan pada kejadian-kejadian yang luar biasa? Seharusnya kita bertakbir setiap saat karena Allah Maha Besar tiap saat dan selamanya.

Yak, itulah sekedar sharing poin-poin penting yang saya dapat dari ceramah tadi pagi, semoga bermanfaat bagi saya dan para pembaca semuanya :)